Jumat, 05 Agustus 2016

Kata Ini Mengandung Makna Namun Disepelekan

Hal ini bukan bermaksud sok suci atau lebay, admin disini walau bukan ahli agama namun ada baiknya setiap ilmu yang kita dapatkan harus disampaikan walaupun itu satu ayat, insya Allah yang menyampaikan akan mendapat pahala. Aamiin. Seringkali dalam kehidupan sehari-hari saat kita sms atau chatting dengan seorang teman, saudara bahkan dengan orang tua kita sendiri dengan menuliskan kata salam terlebih dahulu. Dengan alasan kepraktisan, sering kita singkat Assalamu’alaikum dengan Ass atau Askum. Bahkan beberapa kali saya juga melakukan hal yang sama. Sampai suatu saat seorang yang ahli dibidangnya mengingatkan saya tentang arti kata ass dan askum. 


Kata Ini Mengandung Makna Namun Disepelekan


Alasan mereka tidak lebih dari supaya lebih cepat, praktis dan irit pulsa. Saya sendiri sempat berfikir membuat kata Assalamu’alaikum tidak akan membuat saya celaka dan menghabiskan waktu, jika dihitung dari hurufnya membutuhkan waktu kurang dari 16 detik saja, sedangkan saat saya membalas pesan mereka khususnya di facebook biasanya sampai 2 jam lebih. Dengan waktu kurang dari 16 detik insya Allah akan mendapat pahala karena secara langsung ber doa untuk kalian.

Assalamu’alaikum berarti doa semoga Allah memberi keselamatan untukmu. Namun jika anda mengetik Ass berarti bisa dikatakan sebagai keledai, orang yang bodoh dan pantat. Sedangkan Askum dalam bahasa Arab berarti celakalah kamu. Jadi menurut kalian apakah saya harus menjawab itu ? bukan maksud menghakimi namun saya kembalikan kepada diri anda untuk menilainya.

Sangat jauh berbeda dengan maksud sebenarnya bukan? Ketika kita memberi salam, yang kita inginkan adalah memberi doa kepada sahabat kita. Tetapi ternyata maknanya berubah menjadi umpatan, hinaan bahkan cercaan. Salam adalah doa yang kita panjatkan untuk sahabat dan orang-orang terkasih kita. Tetapi jangan menyingkat salam dengan Ass atau Askum,karena Ass artinya (maaf) pantat mu, dan Askum artinya celakalah kamu.

Maka sampaikanlah salam karena itu DOA, minimal Assalamu’alaikum. Mohon Maaf jika ada kekurangan dalam penjelasannya. Semoga Bermanfaat !
 

Catatan : 
Situs ini tentang Info Kesehatan dan Vegetarian, namun karena saya seorang muslim ada baiknya jika situs ini akan di tambahkan Nuansa Islam, yang intinya ingin berbagi info tentang dunia islam, yang insya Allah akan mendapatkan pahala dan untuk bekal kehidupan di dunia dan akhirat. Aamiin  
Untuk berlangganan Artikel Nuansa Islam selanjutnya silahkan BERLANGGANAN melalui email yang telah disiapkan dalam situs ini. Terima Kasih 

Artikel Terkait